daftar isi

Label

Senin, 30 Juli 2012

Apa itu Nendoroid dan Figma?

   Hallo..post kali ini,saya akan menulis mengenai hobi saya yang kesekian. Yupss..saya suka sekali mengoleksi figure khususnya figure anime. Btw...i'm OTAKU!! (semacam pecinta anime). Baiklah hal Otaku yang ada di diri saya berupa hobi menonton anime,baca komik,dan mengkoleksi action figure dari beberapa karakter anime. Kalau masalah main games,sebetulnya agak suka,tapi ga fanatik-fantik banget. Nah karena hobi saya ini masih agak awam bagi sebagian kalangan,makanya perlu saya jelaskan secara gamblang hehe. Figure anime yang saya koleksi terdiri dari 3 macam yakni, Nendoroid,Figma dan PVC. Namanya mungkin asing ya bagi sebagian orang. 
1. Nendoroid
Secara sederhana,nendoroid merupakan salah satu jenis figure yang mempunyai ciri ukuran kepala lebih besar dari badan. Mirip seperti karakter chibi yang udah umum dipakai. figure jenis ini begitu melekat dengan kesan Moe( Imuut). Karena ekspresi yang tersedia untuk 1 item sangat beragam. Tinggi dari nendo sendiri sekitar 10 cm lebih serta di produksi oleh Good smile company. Masalah harga?? ehm..ini nih yang agak asma bilangnya,yakni sekitar 300 ribu keatas dan bisa lebih mahal lagi tergantung dari kapan rilis serta itu termasuk item rare atau tidak. Pertama kali beli dan koleksi ni benda,saya memang shock karena harga nya yang kurang ajar,tapi..malah jadi ketagihan dan malah pengen koleksi lagi dan lagi. Oiya figure jenis ini juga bisa dibongkar pasang (semua bagian dari ujung kepala sampe kaki bisa dilepas). Jadi,kita bisa mix and match sama nendo lainnya. Terakhir hal penting dari nendo adalah figure ini juga punya versi kw nya loh,harga nendo kw jelas lebih murah. Harganya dipatok 150 ribu ke bawah. Nah,pasti bertanya dong gimana cara bedaan nendo kw dengan nendo ori??!. Ini dia beda nya..
Nendo Asli
Nendo kw
Perbedaan yang mendasar dari ke 2 nendo ini yaitu :
1. Detail nya. Nendo ori lebih detail dan terkesan halus dan rapi dalam hal pewarnaan . Sedangkan nendo kw lebih terkesan kasar dalam hal pewarnaan dan kurang tajam dalam detail sehingga pada bagian wajah ada bagian yg pudar atau terlalu mencolok.
2. Warna kulit. Pada nendo asli warna kulitnya putih namun tidak berleming seperti plastik selain itu apabila dipegang,akan terkesan lebih kesat dan tidak licin. Sedangkan pada nendo kw lebih terkesan licin bila dipegang dan berleming seperti plastik.
3. Pengemasannya. Bila itu nendo asli,jelas pengemasannya lebih rapi dan terdapat segel(bukan hanya sekedar selotip saja). lalu warna box nya lebih terang tapi tidak mencolok mata (natural) serta box plastik didalamnya lebih merekat kuat sehingga kedua sisinya bisa merekat sempurna. Sedangkan nendo kw,segelnya hanya dilapisi selotip saja dan warna kemasan boxnya ada yang pudar ada juga yang terlalu terang. Selain itu apabila diperiksa box plastik dalamnya,biasanya banyak yg agak rusak dan kedua sisi plastik boxnya tidak merekat secara sempurna.
4. Kepassan dan Kelenturan. Nendo ori semua part nya dari kepala sampai kaki sangat mudah digerakan dan masing-masing partnya juga pas satu sama lain serta tidak mudah lepas. Sedangkan yang kw selain susah untuk digerakkan secara leluasa,juga bagian tidak terlalu pas seperti nendo ori.
5. Ukuran. Nendo Asli, Lebih rendah 1,5 cm tingginya dibanding nendo kw.
6.  Dari bau nya. Nendo Ori mempunyai bau yang khas pabrik dan terkesan sedikit menyengat apabila dicium dari jarak dekat. Sedangkan nendo kw tidak khas dan lebih mengarah ke bau plastik.


2. Figma
Figma merupakan jenis figure yang memiliki tinggi sekitar 14 cm dan memiliki bentuk yang proposional dari ukuran kepala sampai kaki. Artinya tidak ada part yang lebih besar ukurannya dari yang lain. Figma juga dapat dibongkar pasang,namun tidak semua part dapat dibongkar. Hanya bagian kepala dan tangan saja. Karena part lainnya suda dapat digerakkan atau diatur gerakkannya. Harga figma pun bervariasi serta figma juga memiliki versi kw nya.Dan bahkan semakin sulit dibedakan dengan yang asli karena semakin baiknya hasil/kualitas produksi. So...bila beli figma,pastikan membeli di toko atau toko online terpercaya.

3. PVC
Figure jenis ini memiliki tinggi kurang lebih 20cm dengan detail grafis yang sangat tajam dan baik. Masalah harga bervariasi dan biasanya lebih mahal dari pada harga figma dan nendo. Namun PVC kebanyakan Partnya ga bisa diganti-ganti. Jadi kalau pose nya jongkok atau duduk ya selamanya tetap begitu. Dan tetap,PVC juga ada yang kw harganya 200 ribu kebawah untuk kw dan 300 ribu keatas untuk Ori.








Oke Sekian Dulu Info kali ini Semoga bermanfaat !!!!

37 komentar:

  1. Wah seruu nih Reveiwnya jadi menambah pengetahuan Yang dingin emang lebih enakk heheh! Lalu Udah punya figma apa aj??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru dikit sih punya figma skrng lgi fokus hunting figma...:D makasih udh mau komen manaka feri haha!!

      Hapus
  2. Heheh sama2 Iyah namanya juga koleksi kan juga bertahap ga mungkin bli langsung 100 figma bisa jatuh bangkrut mama heheh! iyah jalani hobby ini bikin santai punya nilai tersendiri hehehe Sama2 ya

    BalasHapus
  3. iyaaaaa makasih ya udh share sama kasi saran aku segala :D emang belinya bertahap kok hehe

    BalasHapus
  4. Waaiii, itu figma-nya senpai??? Aku pengen!!! >///< Etto, kalo boleh tanya beli dimana yah? Apa harganya ngga mahal? O_O
    Kalo nendo asli bisa dibeli dimana ya senpai?? Gomen terlalu banyak pertanyaan >//<

    BalasHapus
  5. iyaaaa kalau yg ORI harganya mahal sih sekitar 300 ribu ke atas oiya aku ada rekomendasi toko nya di fb..aku pernah beli disitu :D http://www.facebook.com/lullabywinds.shop utk figure yg ORi dan
    http://www.facebook.com/sibolun utk figure yg KW silahkan dipilih ya

    BalasHapus
  6. OOOO... Arigatou senpai... 300 rb yah??? Terlalu mahal... = ="
    Nendo-ku sih cuma 1, lagi pengen Figma~ tapi sayangnya di Malang ga ada... X(
    Belinya lewat fb yah? Doomo arigatou senpai...
    Oh iya, kalau figure-ku yang lai ada di sini : http://sarakirinka.tumblr.com

    BalasHapus
  7. wew nanti aku cek di tumblr kamu ya siiip :D iya aku pesen lewat fb...klau figma mgkin yg kw ada yg di bawah 300 ribu ya barang ori emang kelewatan sih harganya tapi kualitasnya oke punya oleh nggak nyesel beli (trust me!! :D )

    BalasHapus
  8. Ok! Makasih kak... Aku malah jarang beli sendiri... Ayahku yang biasa beliin... Btw kakak punya twitter???

    BalasHapus
  9. wah enak orang tua nya pengertian sampe beliin segala. kalau aku..akunya yg hunting sendiri..jagan2 ayahnya hob ngoleksi figure juga nih hehe..aku punya twitter @abzenitia nama akun nya...geby apa?

    BalasHapus
  10. Ngga kok kak, ayahku cuma beli kalo kebetulan... Habis harganya itu murah banget! Yang foto Figureku [Neon Geneiss] itu aja ORI cm 100 rb... Kaloo nendo itu kan jarang... Ya aku juga aku yg hunting... Tapi dari pada boros duit mending titip ke ayah-ku. Gitu loh kak~ Ooo tweet-ku @SarakiRinka, tweetnya kakak aku follow ya~~

    BalasHapus
  11. Oiya?? kk malah pengen banget nyari figure rei ayanami!! iyaaaa emang klau pke duit orang tua tanpa dipotong duit jajan itu serasa alhamdulillah sesuatu hehe...nendo ya??hunting aja ke link fb yg udh k2 kasi :) oiya twitter ny udh ka follow dear :D

    BalasHapus
  12. Ayanami Rei? Aku pengen banget sama yang namanya Black Rock Shooter. Ok! Kapan2 aku hunting... Makasih ya kak... ^^

    BalasHapus
  13. ooo BRS hehe lumayan tuh hrgnya klau ORi tp keren juga sih. ayanami rei itu karakter yg ada di anime evanglion

    BalasHapus
  14. penjelasan yang sangat luar biasa.... luar... biasa. aku langsung ngerti nendroid, figma dan PVC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha terimakasih!!! aku memang bikin penjelasan sejelas mungkin biar bisa dimengerti :D

      Hapus
  15. Wah si kk fotonya sama hetare saber...X3 koleksi ku kbanyakan juga saber, ada 6 biji.. Padahal ga suka baca anime, cuma pas maen game fate stay night Saber jagoan andalan saya ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa ini saber casual,harganya juga bikin nangis hehe tapi pas udh punya senang ny minta ampun ampe dibawa kemana2 btw slm kenal :)

      Hapus
  16. iih.. kereen !! aku jadi semakin tau tentang nendoroid sama figma! btw, nendoroid itu kawaii banget ya = 3 = hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih!!! alhmdulillah bermanfaat :) iyaaa emg kawaii tapi harganya jugaaaa yaaaa begitulaaah hehe

      Hapus
  17. Mbak, izin nge-link ke post mbak yang ini ya~ ^^
    Ini post-ku yang nge-link ke sini: http://arsenita.blogspot.com/2013/02/nendoroid-makise-kurisu.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleeeeh silahkan :) btw makasih udh main2 ksini :) salam kenal ya!!

      Hapus
  18. wah, thanks gan reviewnya! Kemaren waktu Mega Bazaar Computer sempet pengen beli Nendo KW, cuman harganya pas 150. Kata ane juga kok mahal, modal juga gak ampe segitu kayaknya (otak pedagang xD), sedangkan disini katanya dibawah 150, banyak yang bopak lagi -_-
    jadi kalo beli yang KW mending figma ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. figmaaaa juga keren tuh lau yg KW katanya hampir persis ma yg asli loooh!!! cuma ak lum punya figma KW jadi lum bisa ngebandingin secara gamblang

      Hapus
  19. Siang Sist ...
    Demen Nendo Jg ya ?
    Koleksi ? KW / ORI ... Sesama Droiders Salam Kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa suka koleksi cuma blum update akhir2 ini hehe salam kenal juga yaaaa! Biasa di jogya bnja dimna toys ny?

      Hapus
  20. Balasan
    1. Biasa aku beli online..soalny di kota ku jarang nemu yg ori bnyknya kw

      Hapus
  21. Harganya, loh, selangit -,-
    Kalau lihat dari ulasannya, yang membuatku tertarik yang nendo. Imut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang harganya rada-rada sih. cuma sepadan dengan bentuk dan kualitasnya yag oke dan imut ^^ btw untuk beberapa figure yang udh rare emang harganya suka kurang ajar :(

      Hapus
  22. lagi searching2 nendoroid dan figma ktmu blog ini, thanks buat artikelnya, bagus karena memberikan wawasan, cocok bagi orang yang masih awam hehe. Kenalkan saya Wyndo, pendiri toko mainan online Raziata.com. Jika sedang mencari nendo, figma, dan action figure lainnya, monggo kunjungi website kami, thanks :)

    BalasHapus
  23. Wuaahh jadi oengen... Klo nendoroid belinya dimana yah kak...?

    BalasHapus
  24. Wuaahh jadi oengen... Klo nendoroid belinya dimana yah kak...?

    BalasHapus
  25. bisa reccomend toko yang jual nendoroid ori ?

    BalasHapus
  26. Beli nendroid yg kayak gini emank kudu PO ya? ane mau Beli Nendo Beatrice Re:Zero, PO Desember 2017, bru bsa diambil Juli 2018.. kburu lupa ane, hahaha

    BalasHapus
  27. Ka tanya donk itu pict yg nendo kw nama nya sypa ya.. tau kah..

    BalasHapus
  28. Ka tanya donk itu pict yg nendo kw nama nya sypa ya.. tau kah..

    BalasHapus