daftar isi

Label

Minggu, 04 Desember 2011

Menggali Potensi Diri dengan Kokology

aApa Kokology itu?
Secara perkata kokology terdiri dari 2 kata yaitu kokoro dari bahasa Jepang(kata benda) yang berarti pikiran,semangat dan perasaan.Terakhir adalah logia dari bahas Yunani yang berarti ilmu.Jadi terdapat 2 konsep dalam kokology yakni :
1. Seri permainan psikologi baru untuk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku manusia.
2. Istilah populer untuk tingkah laku manusia atau respon situasional.
Kokology diciptakan oleh Isamu Saito yang merupakan profesor terkemuka di Universitas Rissho dan Waseda di Jepang serta Tadahiko Nagao seorang pemimpin Tim Riset dan Pengembangan Proyek Kokology beserta tekniknya. Kokology merupakan game psikologi yang digunakan dan dirancang untuk membantu membuka mata hati dan mempertajam pengamatan. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan mudah diharapkan kokology memungkinkan semua orang mengalami dan menikmati dunia pikiran mereka. Sehingga menjadikan kokology sebagai permainan yang juga berfungsi sebagai sarana komunikasi yang tidak menakutkan dan membosankan seperti mengisi tes psikologi. Dalam kokology tidak ada yang salah dan benar,kita boleh setuju maupun tidak terhadap apapun pilihan yang disediakan.

Cara Bermain Kokology?
Konsep bermainnya mudah,hanya saja yang sulit yakni menjaga keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan kesenagan. Hanya Anda sendiri yang dapat menilai berhasil atau tidak permainan ini bagi Anda seperti menyenangkan atau tidak permainan ini. Dalam buku nya, Prof.Isamu Saito mengemukakan 8 tips cara memainkan game psikologi ini yaitu :
  1. Katakan hal pertama yg muncul di kepala anda. Kita diharapkan tidak ragu dalam memilih jawaban karena dalam kokology tidak ada jawaban yang benar atau pun salah.
  2. Mainkan bersama orang lain. Kita dapat membaca kokology sendiri tapi lebih asik lagi apabila kita membentuk kelompok kecil(bersama teman) untuk memainkan permainan ini. Sehingga kita dapat mengenal karakter masing-masing satu sama lain.
  3. Jangan berusaha mengira-ngira jawaban. Lazim apabila kita ingin berusaha lebih pintar dari kuis tapi cara ini tidak dapat dipakai dalam kokology serta tidak efektif.
  4. Jujulah dengan diri sendiri. Kita diharapkan jangan takut untuk menerima kebenaran tentang kekurangan diri sendiri. Bersikaplah jujur dan terima diri Anda apa adanya.
  5. Besiaplah. Beberapa kuis memerlukan alat bantu seperti kertas dan pensil karena And akan menuliskan jawaban Anda sendiri tanpa berdasar opsi tau pilihan.
  6. Jangan membaca penjelasan jawaban terlebih dahulu. Mungkin kebanyakan kita penasaran akan jawaban yang terdapat dalam soal tapi lebih baik menjadikan jawaban sebagai kejutan.
  7. Lihatlah reaksi Anda. Jadikan jawaban Anda sebagai reaksi nyata terhadap sikap yg ada dalam diri Anda. Ini merupakan suatu proses yang mengandung pelajaran dan hiburan tentunya.
  8. Tetaplah berpikir terbuka. Dalam kokology tidak ada jawaban salah maupun benar jadi,bersikaplah terbuka atas segala perbedaan yang ada baik untuk jawaban diri sendiri maupun teman lainnya.
Ayo Main Kokologynya!!!
Oke...penjelasannya cukup sekian moga-moga mengerti ya! karena bahasanya nyampur pake bahasa sendiri dan bahasa buku aslinya. Karena bukunya sampai 100 halaman lebih yang ga mungkin saya tulis soalnya one by one (ntar tambah plagiat lagi....hihihi). Nah jadi saya pilih in kuis yang mudah dan praktis aja ya. Ready? GO!!

Di Halaman Sebuah Majalah
Anda baru saja membeli sebuah majalah mingguan dan membawanya pulang untuk dibaca. Bagaimana cara Anda membaca isi majalah itu?
a. Membaca seluruh majalah secara urut dari halaman awal sampai terakhir.
b. Langsung membaca artikel yang Anda angap menarik dan hanya membaca itu saja.
c. Membuka secara acak dan membaca apa saja yang terlihat menarik.
d. Selama format majalah tidak berubah, Anda membaca majalah itu dengan uruan yang sama seperti biasanya.
Penjelasan
Cara Anda membaca majalah menunjukkan bagaimana menghadapi keanekaragaman pilihan serta merencanakan pengelolaan keuangan. Bila memilih :
Membaca seluruh majalah secara urut dari halaman awal sampai akhir, maka Anda termasuk jenis orang yang tahu ke mana setiap sen uang Anda dan digunakan untuk apa. Buka karena Anda terlalu kuatir soal anggaran, Melainkan Anda hanya merasa lebih nyaman mengetahui posisi segala sesuatu secara jelas.
Langsung membaca artikel yang Anda angap menarik dan hanya membaca itu saja, Anda termasuk tipe orang yg jika memiliki uang, Pada saat itu juga membeli apapun yg menarik. Kalau pun berhasil menabung, maka anda akan bergegas ke mesin ATM terdekat untuk mengambil uang hanya untuk memenuhi sesuatu yg diinginkan.
 Membuka secara acak dan membaca apa saja yang terlihat menarik. Termasuk katagori orang ekonomis,tapi kebanyakan orang menyebut Anda kikir. Tapi kenyataannya Anda tidak menggunakan uang secara sembrono. Anda lebih suka menyimpannya untuk masa depan. Tapi ada baiknya Anda bersenang-senang sesekali.
Selama format majalah tidak berubah, Anda membaca majalah itu dengan urutan yang sama seperti biasanya. Anda dapat dikatagorikan boros,karena membelanjakan uang secara berlebihan dan tidak peduli dengan nasib keuangan Anda dimasa depan. Perlu sese orang yang dapat mengelola keuangan dengan baik,untuk Anda mintai bantuan menolong Anda.

Keperluan Yang Paling Sederhana
Anda sedang bersiap-siap menjalani hari ini dan mengumpulkan barang-baang. Selain keperluan yang paling sederhana,yang mana dari barang-barang dibawah ini yang ingin dibawa?
a. Buku alamat atau agenda pribadi Anda
b. Hairspray
c. Jimat keberuntungan
d. Permen atau permen karet
Penjelasan
Pilihan dari benda tadi,sebenarnya memberi tahu tentang sebagian dari kepribadian  Anda yang tidak aman. Bila memilih :
Buku alamat atau agenda pribadi Anda. Anda tidak percaya dengan ingatan seperti nomor telepon,hari ulang tahun dan janji,Anda sering melupakan sehingga selalu tidak ingin ketinggalan buku atau agenda.
Hairspray. Penampiln sangat penting bagi Anda. Anda selalu terlihat rapi dan siap menghadapi hari,tapi kadan-kadang Anda terlalu berlebihan.
Jimat keberuntungan. Anda sangat percaya dengan nasib buruk,takut segala sesuatu tiak berjalan sesuai keinginan. Anda buka terlalu percaya takhayul,tapi Anda merasa lebih aman jika membawa hal yang Anda anggap jimat itu.
Permen atau permen karet. Anda terlalu kuatir dengan program diet. Hanya makan sedikit setiap hari. Membuka kulkas setiap kali hanya untuk memeriksa saja. Menyimpan permen mint atau permen coklat membuat Anda merasa aman.

Anda Hanyalah Manusia
Anda sedang berjalan dijalan,memikirkan hal-hal lain,ketika tersandung tong sampah ditrotoar dan jatuh. Apa yang tumpah keluar dari tempat sampah?
a. Tidak ada yang tumpah, isi tong sampah kosong.
b. Tumpukan sampah tumpah ke jalan.
c. Biji apel,tulang ayam,dan sampah lain.
d. Plastik sampah yang terikat rapi.
Penjelasan
Pandangan Anda terhadap isi tong menyingkapkan hal-hal yang ada di dalam diri yang berusaha Anda sembunyikan dari umum. Jika Anda memilih:
Tidak ada yang tumpah, isi tong sampah kosong. Anda cenderung hidup tanpa menarik perhatian atau berpura-pura. Apa yang Anda lihat,itulah yang didapatkan. Hanya kejujuran inilah yang membuatnya menarik.
Tumpukan sampah tumpah ke jalan. Mungkin kelihatnya Anda bersikap jujur dan terus terang kepada orang lain tapi sebenarnya memiliki setumpuk perasaan yang tak terkatakan  yang terkunci di dalamnya.
Biji apel,tulang ayam,dan sampah lain. Anda yang memilih ini adalah orang yang menyembunyikan nafsu makan dan keinginan alamiah terhadap makanan. Sebaiknya Anda tak begini terus karena akan menekan Anda. Longgarkan sedikit jadwal diet Anda dan makanlah bersama teman.
Plastik sampah yang terikat rapi. Anda memiliki rasa penguasaan diri yang kuat. Mungkin terlalu kuat. Anda tidak suka memperlihatkan kelemahan atau mengeluh. Tapi membiarkan orang lain tahu kelemahan Anda bukanlah sesuatu yang buruk. Bahkan dapat membuat Anda rileks.

Sekian kuis nya semoga bermanfaat!!!!

2 komentar:

  1. Waw pada waktu itu kan saya menjadi korban percobaan anda.... hahay antara dokter dan pasien.. di tes dengan berbagai pertanyaana gan...@

    BalasHapus
  2. kak rasa aneh pke kata anda dan kamu sama org yg kita kenal!!woii super aneh.karakter kamu emang aneh dan suka bikin dongkol

    BalasHapus