daftar isi

Label

Kamis, 01 Desember 2011

NgePaper Craft YUuk!!

Oke...ngepaper craft ini merupakan salah satu hobi saya.Selain karena terkesima sama hasil jadi yg lucu-lucu,juga karena banyak bget karakter anime yg bisa kebentuk dari pola-pola paper yg ada.Aku nekunin hobi ini udah 1th yg lalu tapi ya kalau lagi lowong dan nemu pola bagus baru deh garap!!. Bicara soal papercraft mungkin ada yg asing dan ada yg tidak tentang hobi yg satu ini.Buat yang asing,tenang karena tulisan saya kali ini akan mengupas tentang papercraft dan serba-serbinya.
Apa itu Papercraft?
Papercraft itu adalah kegiatan menggunting,melipat dan menempel dari pola yg udah ada jadi kita tinggal mengeprint si pola itu.Konon katanya seni menggunting,melipat,dan menempel ini sudah ada sejak zaman perang dunia II loh dan sangat populer dengan lebih dari 100 model pada waktu itu.Dulu sih belum ada yg pola tokoh anime kyk sekarang,yang jelas pola papercftnya lebih ke papermodel seperti arsitektur bangunan,kendaraan seperti kapal perang,pesawat dll.Kita dapat mengelompokkan papercraft dalam 3 jenis yaitu pepakura yg polanya lebih kearah jepang seperti bentuk anime,terus ada papertoy yg polanya lebih kearah graphic design dan terakhir papermodel yg polanya berupa replika benda asli seperti miniatur dan arsitektur suatu bangunan atau kendaraanUntuk mendapatkan hasil terbaik dalam membentuk model yg diinginkan maka ketelitian dalam hal memotong,melipat,dan menempel harus diperhatikan dan yg terpenting jangan menyerah dan terus berusaha.Karena bagian untuk membentuk model yg kita inginkan itu banyak sehingga menimbulkan suatu keruwetan dalam hal menyusun aplagi bentuk-bentuk yg udah compleks kayak bikin menara atau pun karakter anim yg non chibi.
Apa aja yang dibutuhkan?
Tentunya untuk hasil terbaik peralatan tempur kita untuk ngepaper harus lengkap ya..saya bakalan kasi tahu apa-apa aja alat-alat yg biasa saya gunakan. it's simple kok karena semua alat dan bahan mudah banget ditemukan disekitar kita dan dibeli di toko-toko alat tulis dan perlengkapan kantor.Nah yg terpenting lagi harga yg anda bayar untuk hobi ini terjangkau kok.
1.Gunting
Ini sih terumum dan terpenting karena proses mengunting kan emang perlu gunting hehe..tapi gunting nya perlu terampil dan hati-hati klau bisa jangan sambil ngomong(kidding).Bagi saya yg emang ga terlalu rapi menggunting,memang perlu konsentrasi tinggi untuk melakukan hal ini.
2. Lem
Yang ini berguna untuk tentunya bagian lipat melipat atara satu sudut dengan sudut lain agar terhubung perlu direkatkan dengan benda satu ini.Biasanya lem yg saya gunakan merk ini ni.Berdasarkan pengalaman saya berpapercraft ria,lem ini emang ampuh dan nggak meninggalkan bekas yg terlalu berarti pada waktu kita mengelem pola.

3.Kertas
 


Bisa pake kertas buat sertifikat atau kertas manila.Intinya kertas harus tebal dan nggak mudah sobek. Kalau kayak kertas aku yg beli 1 bungkus ini kira-kira harganya 20 rbuan.Harganya lebih terjangkau ketimbang kita beli persingle aja.Waktu itu aku belinya di toko fotocopy yg emang terkenal murah di daerah ku.

4.Cuter

Fungsinya untung ngecut bagian-bagian yg sulit dijangkau oleh gunting misalnya membolongi bagian tengah pola yg sudah dibentuk atau memotong sedikit pola bagian dalam.Oiya gunakan penggaris agar hasil ngecutnya lebih rapi.

5. Lidi/Tusuk gigi
Why?tentunya untuk menghindari tangan kita dari kekotoran dan lekatan lem serta untuk menjangkau bagian kecil pada pola yg sudah dibentuk.Terkadang bagian tersebut tidak dapat terjangkau dengan jemari kita.
6.Pinset
Untuk memegang pola yg berukuran sangat kecil serta menyambungkannya dengan pola lain.Sebenarnya ini opsi aja sih tapi rata-rata memang model papercraft memiliki bagian kecil yg memang sangat membantu kalau kita menggunakan pinset untuk memegangnya.
7. Pola papercraft
Tentu aja ini menjadi bagian yg tidak terpisahkan.Karena untuk mengunting,melipat,dan menempel butuh banget yg namanya pola.Sekarang zaman udah maju banget ga perlu pusing-pusing langsung aja cari pola nya di mbah google dijamin dapat berikut refrensi dari aku yg siapa tau bisa membantu kalian

8. Instruksi
Ini hal yg penting untuk mempermudah dalam pengerjaan model papercraft.Biasanya beberapa situs mencantumkan instruksi pada model papercraft tertentu.


Results

Ini beberapa contoh hasil papercraft buatan saya meskipun amatir tapi saya cukup puas dengan hasil nya.Semoga bermanfaat ya tulisan ini. SEMANGAT!!




5 komentar:

  1. pertamax jadi teringat waktu mengenalkan hobi baru ini begitu banyak jreasi mulai dari chara anime ampe gerobak bakso,, dari pagi ampe malam ngulik ini terusss jadi kecanduan ahahaha <#

    BalasHapus
  2. hahaha...hai manaka...:) iyaaa cari in yg gerobak baso dong sama bangunan ala jepang..ditunggu ya.Anda harus cobain buat 1 dulu pasti ntar ketagihan...

    BalasHapus
  3. Kereeennn ..
    Makasih Infonyaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 :) semoga bermanfaat dan selamat mencobaaa hehee

      Hapus
  4. Thanks banget infonya..
    2 jempol buat admin mixerb.blogspot.co.id

    BalasHapus